Pada tahapan pemasangan keramik kolam renang adalah proses tahapan hampir akhir dalam hal pembuatan kolam renang baru. Jika semua proses sudah dilakukan seperti :

Dalam pemilihan keramik serta corak gambar maupun warna keramik tergantung pada kesukaan pemilik kolam renang. Dengan melapisi kolam renang anda dengan keramik,penampilan kolam renang akan semakin cantik dan indah jika dilihat. Selain pemasangan keramik meningkatkan penampilan kolam renang, faedah lain yang dapat di dapat adalah memudahkan kita sebagai pemilik kolam renang untuk membersikannya, sebab keramik mudah dibersihkan , membutuhkan perawatan lebih sedikit, dan lebih awet ditimbang dengan menggunakan acian semen biasa untuk jangka panjang.. Anda dapat memilih untuk memasang seluruh lantai dan dinding kolam renang dengan keramik atau hanya memasang keramik tersebut sebagai pembatas garis air untuk menutupi bagian yang diinginkan.

Hal Terpenting dalam Pemasangan Keramik

Dalam pemasangan keramik pada kolam renang harus diperhatikan beberapa trik dan teknik untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pemasangannya. Dukopool Kontraktor Kolam Renang merangkumnya menjadi beberapa hal berikut ini :

1. Pemilihan Jenis Ubin Keramik yang Tepat untuk Kolam Renang

Sebenarnya keramik terbentuk dari bahan dasar tanah liat yang dibuat melalui proses khusus tertentu seperti pemanasan (pengovenan) kemudian di glassir sebagai lapisan kedap air. Banyak merk keramik dari beberapa produsen menawarkan varian bentuk dan varian harga yang berbeda-beda. Tidak semua jenis keramik cocok diaplikasikan untuk pembuatan kolam renang. Untuk pemilihan keramik harus dipastikan ketebalannya, lapisan glassir yang kuat sehingga tidak mudah retak saat dipakai dalam waktu jangka panjang dan dapat menahan tekanan air dengan baik serta faktor kelembaban dan panas nantinya.

2. Basahi dan Bersihkan Permukaan yang akan di Pasang Keramik

Sebelum memasang keramik sebaiknya dipastikan dulu plesteran semen harus benar-benar rapat. Beberapa kontraktor kolam renang menggunakan semen khusus yang dicampur dengan obat kimia pengeras semen atau sering disebut dengan floor hardener.  Untuk mendapatkan kekerasan yang sempurna sehingga hasil plesteran rapat dan air tidak mudah menembusnya (waterproof). Ada juga yang menggunakan resin untuk keperluan waterproof pembuatan kolam renang di atas gedung contohnya yang riskan dan vital terhadap kebocoran kolam renang. Dan langkah yang harus ditempuh untuk mendapatkan hasil pemasangan keramik yang memuaskan adalah pastikan plesteran sudah rapat dan kering sempurna. Bersihkan tempat yang akan dipasangi keramik baik dinding maupun lantai kemudian semprot / siram area tersebut dengan air agar benar-benar basah, sehingga memudahkan kita untuk pemasangan keramik pada kolam renang.

3. Pemasangan Keramik Harus Lurus dan Berisi ( TIDAK NGEFONG)

Sebelum memasang keramik pada kolam renang, tentukan pola dan penempatan keramik kolam renang anda terlebih dahulu agar mendapatkan pola pemasangan yang diinginkan. Adonan semen dan pasir halus harus di sebar secara merata dalam satu arah melintasi permukaan tempat yang akan dipasang keramik. Untuk memulainya, letakkan ubin sedikit miring ke dalam adonan semen dan kemudian putar mereka ke posisi akhir. Atur spasi jarak antar ubin keramik untuk membantu menjaga konsistensi pada sambungan nat. Gunakan balok pemukul kayu atau palu karet, masukkan ubin ke dalam adonan semen secara merata sambil sedikit di pukul perlahan agar isi semen dalam keramik benar-benar penuh (tidak ngefong). Anda bisa menggunakan bantuan alat benang atau waterpass untuk menjaga agar pemasangan benar-benar lurus dan presisi. Pada sudut dan sisi yang diperlukan pemotongan, gunakan alat khusus pemotong keramik untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Biarkan mengering dalam waktu 24 jam untuk mendapatkan hasil yang sempurna sebelum di isi dengan nat.

4. Isi Nat Keramik dengan Rapat

Sebelum menyiapkan adonan nat untuk keramik kolam kesayangan anda. Pastikan sela-sela jarak antar keramik bersih dari kotoran dan sisa semen sebelumnya untuk menghindari resiko nat retak dikemudian hari. Jika sudah, siapkan adonan nat dan campur dengan air sedikit demi sedikit aduk perlahan agar adonan nat benar-benar larut dengan baik. Adonan nat yang baik adalah kental namun tidak kering dan terlalu encer. Masukan adonan nat ke sela-sela antar keramik secara penuh dan rapat dengan menuangkannya secara perlahan dengan bantuan alat yang terbuat dari karet atau plastik yang lentur. Gunakan kape yang terbuat dari plastik atau karet. Bersihkan sisa nat di permukaan keramik dengan kain lap yang sedikit dibasahi. Jangan membersihkan sisa nat dengan menekan terlalu keras pada permukaan keramik agar isi adonan nat keramik tidak terangkat. Bersihkan tipis-tipis saja agak sedikit diangkat saat mengelapnya dengan kain. Biarkan adonan nat mengering sempurna, sebelum kolam renang dilakukan  pengisian air untuk pengujian pertama.

Baca Juga : Kontraktor Kolam Renang Cibubur Murah dan Bergaransi

Mungkin ini saja sedikit tips dan trik mengenai pemasangan keramik kolam renang yang baik untuk diaplikasikan dalam pembuatan kolam renang baru. Berikut ini adalah contoh pemasangan keramik yang kami lakukan di daerah Surabaya Jawa Timur pada tanggal 18 Mei 2019 beberapa waktu lalu :

pemasangan keramik kolam renang oleh dukopool di surabaya jawa timur