Dalam pembuatan kolam renang baru pada proses tahap awal yang dilakukan oleh kontraktor kolam renang adalah cara pasang bekisting kolam renang terlebih dahulu. Dalam teknik pemasangan bekisting ini dilakukan dengan cara yang berbeda-beda. Namun sebelum kita melanjutkan pembahasan mengenai cara pemasangan bekisting ini, kita harus mengetahui apa itu bekisting dan manfaatnya pada kolam renang, karena tidak semua orang tahu mengenai pengertian bekisting ini kecuali orang yang sudah terbiasa dalam melakukan pekerjaan ini atau pernah belajar / mempelajari teknik bangunan (ilmu teknik sipil).

Pengertian Bekisting dan Kegunaannya pada Kolam Renang

Bekisting atau dalam bahasa teknisnya disebut Formwork adalah merupakan cetakan sementara untuk menahan beton atau proses pengecoran kolam renang nantinya. Bekisting ini juga berfungsi untuk membentuk hasil cetakan sesuai dengan yang diinginkan oleh pembuat kolam renang dengan membentuk sebuah ukuran atau bentuknya sesuai dengan yang direncanakan seperti bentuk balok, bulat, segitiga, dan sebagainya. Sehingga bekisting ini harus mampu berfungsi sebagai struktur sementara yang bisa menahan berat beban pembesian kolam renang dan saat proses pengecoran kolam renang berlangsung serta saat pengecoran sudah mengering.Sehingga proses pemasangan bekisting kolam renang yang baik harus mempunyai persyaratan sebagai berikut :

1. Material Cetakan Bekisting Harus Kuat

Banyak material untuk membuat cetakan bekisting ini. Material yang biasa dipakai untuk pembuatan bekisting adalah :

  • Material Konvensional terbuat dari Kayu
  • Material yang terbuat dari plat besi atau baja
  • Material cetakan terbuat dari fiberglass
  • Material cetakan yang terbuat dari logam atau alumunium

Dari banyak jenis material yang digunakan tersebut yang paling penting adalah bagaimana material bekisting tersebut mampu menahan berat beban beton serta kuat dalam berbagai pola gaya yang bekerja pada suatu design kolam renang.

2. Material Harus Kaku

Material bekisting yang baik adalah kaku dan kedap air serta presisi, sehingga tidak boleh mengalami perubahan bentuk dalam menghasilkan cetakan pola tertentu, sehingga tidak membuat struktur pola kolam renang yang sia-sia.

3. Efisien dan Ekonomis

Dalam membuat bekisting ini material yang digunakan harus dibuat efisien dan ekonomis dengan pemilihan material yang sederhana dan dari segi pembiyayaan harus disesuaikan dengan bugdet anggaran belanja.

4. Mudah di Bongkar saat Pengecoran Kering

Bekisting yang baik adalah hasil cetakan beton yang sudah kering tidak rusak saat dilakukan proses pembongkaran dan hasil cetakan beton sesuai dengan pola yang sudah direncanakan. Tidak lengket dan kemudahan dalam proses pemasangan serta saat proses pembongkarannya.

Tahap Pemasangan Bekisting yang Baik dan Benar

Cara pasang bekisting kolam renang dapat dilakukan bersamaan antara bagian luar dan dalam kolam renang. Khusus untuk pembuatan bagian dalam biasanya dilakukan penggalian tanah dan bekisting dibuat permanen untuk dasar atau lantai kolam renang bagian dalam nantinya. Namun dalam prakteknya dilapangan, pembuatan bekisting secara bersamaan akan menyita banyak waktu serta bahan material dan biaya pembuatan bekisting akan lebih besar. Sehingga pemasangan bekisting yang dilakukan bersama ini sering dukopool aplikasikan untuk pembuatan kolam renang kecil saja.

bekisting luar dan dalam

Dalam pembuatan kolam renang dengan ukuran besar dukopool biasanya membagi pemasangan bekisting menjadi dua tahapan proses, yaitu pembuatan bekisting luar dan kemudian di lanjutkan dengan pembuatan bekisting dalam untuk memudahkan dalam proses pemasangan pembesian dan proses pengecoran kolam renang nantinya.

Baca Juga : Kontraktor Kolam Renang Cibubur Murah dan Bergaransi

Pembuatan Bekisting Luar Kolam Renang

Pembuatan bekisting bagian luar dukupool menggunakan material triplek atau papan kayu konvesional. Pemasangan bekisting luar dilakukan setelah proses penggalian tanah jika sudah selesai, dilanjutkan dengan pembuatan pondasi kolam renang dan pemasangan batu bata untuk dijadikan bagian dinding kolam renang. Agar adonan semen dan pasir hasil pengecoran bagus dan tidak melebar/meleleh keluar diperlukan bekisting luar pada tahapan ini. Sehingga pada bekisting luar yang tertutup tanah dibuat permanen dan pada bekisting bibir atas kolam renang dapat dibongkar.

pembuatan bekisting luar untuk kolam renang baru

Pembuatan Bekisting Dalam Kolam Renang

Pembuatan Bekisting Dalam dilakukan setelah proses pengecoran bekisting luar sudah selesai. Pada Bekisting Dalam, cetakan bekisting dibuat sementara untuk membuat pola bagian dalam kolam renang sesuai dengan pola design yang diinginkan. Material bekisting dapat dibongkar dengan mudah kecuali bagian dasar yang digunakan untuk lantai kolam renang.

Bekisting dalam kolam renang berfungsi untuk membentuk pola kolam renang yang diinginkan

pemasangan bekisting kolam renang sebelum proses pengecoran

Baca juga artikel kami lainnya yang membahas tentang pembuatan kolam renang :

1. Kontraktor Kolam Renang Bekasi Profesional dan Murah bagi anda yang memerlukan jasa pembuatan kolam renang untuk daerah bekasi dan sekitarnya. Dengan pelayanan yang profesional dan dengan harga yang relatif murah.

2. Kontraktor Kolam Renang Cibubur Murah dan Bergaransi , solusi tepat bagi pelanggan yang membutuhkan jasa konstruksi kolam renang murah dan bergaransi untuk di wilayah Cibubur, Jakarta Timur.